- FAQ
- Biaya & Limit
- Mekanisme Pengaduan
Informasi apa yang kamu cari?
Bina adalah aplikasi layanan perbankan digital dari PT Bank Ina Perdana Tbk. Aplikasi ini dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses fitur-fitur perbankan melalui HP yang kamu miliki tanpa harus datang ke kantor cabang. Kamu bisa lihat fitur Bina disini!
Bina merupakan nama aplikasi digital banking yang dikeluarkan oleh Bank Ina Perdana.
Bina mendorong para pengusaha UMKM untuk memenuhi kebutuhan perbankan dengan mudah, aman, dan nyaman. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat keuntungan Bina disini.
Bina merupakan layanan perbankan digital yang tidak memiliki kantor cabang khusus. Jika kamu butuh bantuan, kamu bisa hubungi Call INA di 1500738, email ke BisaNanya@bankina.id, atau Whatsapp ke Bank INA Digital (0855-1500-738). Namun, kamu tetap bisa kok datang ke kantor cabang Bank Ina terdekat.
- Melakukan cek saldo
- Cek riwayat transaksi
- Buka tabungan digital
- Transfer ke sesama Bina
- Transfer ke Bank Lain
- Bayar tagihan
- Beli pulsa
Aplikasi Bina saat ini bisa diakses melalui:
- Di HP Android versi 7.0 ke atas
Jika kamu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berumur setidaknya 17 tahun dan memiliki e-KTP, kamu sudah bisa memenuhi syarat menjadi nasabah Bina.
Tidak! Kamu tinggal mendaftarkan diri langsung dari aplikasi Bina, tanpa harus menjadi nasabah Bank Ina Perdana sebelumnya. Dengan membuka rekening melalui Bina, kamu otomatis menjadi nasabah Bank Ina Perdana.
Setiap WNI dengan e-KTP bisa membuka rekening untuk dirinya masing-masing. Proses pembukaannya mudah, hanya perlu gawai dan jaringan internet yang stabil. Jadi kamu bisa ajak teman dan kerabatmu untuk membuka rekeningnya sendiri.
OTP adalah One Time-Password yang merupakan kode password bersifat sementara dan hanya dapat digunakan satu kali.
OTP berguna untuk memverifikasi bahwa nomor yang kamu gunakan aktif dan kamu merupakan pemilik asli dari No. HP yang didaftarkan di Bina.
- Pastikan kembali No. HP yang kamu masukkan sudah benar.
- Tunggu beberapa menit sesuai yang tertera di aplikasi sebelum melakukan permintaan OTP kembali.
- Jika kamu masih mengalami masalah yang sama, hubungi Call INA di 1500738, email ke BisaNanya@bankina.id, atau Whatsapp ke Bank INA Digital (0855-1500-738).
Username dan password digunakan untuk masuk ke aplikasi Bina. Informasi ini cukup kamu saja yang tahu ya karena sifatnya rahasia.
Jangan pernah memberi tahu username, password, OTP atau PIN kamu kepada siapapun, termasuk pihak yang mengatasnamakan Bina atau Bank Ina Perdana. Karyawan Bank Ina tidak pernah meminta informasi rahasia yang kamu miliki.
Username yang kamu buat bisa merupakan kombinasi huruf dan angka yang terdiri dari 8-16 karakter. Username ini cuma bisa kamu buat satu kali dan sifatnya unik dan permanen.
Sedangkan password yang kamu buat terdapat:
- Terdiri dari 8-12 karakter
- Terdapat huruf besar dan huruf kecil
- Terdapat angka
Hal ini merupakan syarat pembukaan rekening mengikuti Peraturan OJK yang berlaku.
Kamu harus pastikan kembali bahwa data foto e-KTP kamu dapat terbaca dengan jelas dan foto wajah kamu terlihat dengan jelas dan tidak buram, serta tidak menggunakan masker, kacamata, dan topi.
Sebelum kamu membuat kesalahan, pastikan kembali informasi yang kamu sampaikan sudah tepat ya! Namun jika sudah terlanjur salah, jangan khawatir 🙂 Untuk data yang tidak bisa kamu ubah melalui aplikasi, silakan hubungi Call INA di 1500738
Kamu bisa tetap melakukan pengajuan pembukaan rekening Bina dan jika kamu sudah memiliki NPWP, kamu bisa melakukan pengkinian data dari menu ‘Akun’ di aplikasi Bina.
Kamu bisa melakukan pembaruan data NPWP setelah pembukaan rekening Bina kamu sudah disetujui, caranya dengan:
- Masuk ke menu ‘Akun’
- Pilih bagian ‘Ubah Profile’
- Kemudian pilih ‘Upload NPWP’
- Siapkan NPWP kamu dan klik tombol ‘Foto NPWP’. Kamu bisa mengambil foto NPWP kamu menggunakan kamera HP kamu ataupun dari foto NPWP dari galeri foto kamu.
- Pastikan kembali bahwa kolom teks menampilkan nomor NPWP yang sesuai dengan data pada NPWP kamu.
- Jika sudah benar, klik tombol ‘Lanjut’. Pengkinian data NPWP kamu sudah selesai!
Kamu bisa melakukan video call dengan Petugas Bank Ina setiap hari Senin – Sabtu pukul 08.00 – 17.00 WIB.
Kamu hanya perlu menyiapkan e-KTP asli dan selanjutnya mengikuti arahan petugas Bank Ina ya.
Kamu perlu mengulangi panggilan video dengan Petugas Bank INA untuk dapat menyelesaikan proses pengajuan pembukaan rekening Bina.
Kamu bisa minta bantuan ke Call INA di 1500738, email ke BisaNanya@bankina.id, atau Whatsapp ke Bank INA Digital (0855-1500-738), kami tunggu pengajuan kamu ya!
Jika handphone kamu hilang, segera hubungi Call INA di 1500738, email ke BisaNanya@bankina.id, atau Whatsapp ke Bank INA Digital (0855-1500-738)
Jika lupa username kamu:
- Pada halaman ‘Masuk Akun’, klik ‘Lupa Username/Password ?’
- Pada halaman ‘Lupa Username/Password’, Pilih ‘Lupa Username’
- Masukkan nomor NIK pada e-KTP dan Password kamu, kemudian klik ‘Lanjut’
- OTP akan dikirimkan melalui SMS. Jika kamu belum menerima OTP, kamu bisa ‘Kirim Ulang OTP’ setelah menunggu selama 1 menit.
- Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke No. HP kamu.
- Jika benar, maka username kamu akan ditampilkan pada layar. Kamu bisa salin username untuk mencoba masuk akun lagi. Proses lupa username kamu sudah selesai!
Jika lupa password kamu:
- Pada halaman ‘Masuk Akun’, klik ‘Lupa Username/Password ?’
- Pada halaman ‘Lupa Username/Password’, Pilih ‘Lupa ‘Password’
- Masukkan Username dan nomor NIK pada e-KTP kamu’, kemudian klik ‘Lanjut’
- OTP akan dikirimkan melalui SMS. Jika kamu belum menerima OTP, kamu bisa ‘Kirim Ulang OTP’ setelah menunggu selama 1 menit.
- Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke No. HP kamu.
- Jika benar, maka kamu dapat membuat Password baru. Pastikan kolom teks Password baru sesuai dengan kolom teks Konfirmasi Password Baru.
- Proses lupa password kamu sudah selesai! Kamu bisa mencoba masuk akun lagi.
Password digunakan agar kamu dapat masuk ke Akun Bina, sedangkan PIN digunakan untuk autentikasi aksi kamu di setiap aktivitas penting di aplikasi Bina.
Tentu saja kamu bisa mengubah PIN kamu!
- Masuk ke menu ‘Akun’
- Pilih bagian ‘Ubah PIN Transaksi’
- Masukkan PIN kamu, lalu klik tombol “OK”
- Jika benar, maka kamu dapat membuat PIN baru. Pastikan PIN baru yang kamu masukkan sesuai dengan Konfirmasi PIN Baru. Perubahan PIN kamu sudah selesai!
- Pada halaman masukkan PIN, klik ‘Lupa PIN ?’ jika kamu lupa PIN
- Masukkan nomor NIK pada e-KTP dan Password kamu untuk verifikasi data, kemudian klik ‘Lanjut’
- OTP akan dikirimkan melalui SMS. Jika kamu belum menerima OTP, kamu bisa ‘Kirim Ulang OTP’ setelah menunggu selama 1 menit.
- Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke No. HP kamu.
- Jika benar, maka kamu dapat membuat PIN baru. Pastikan PIN baru yang kamu masukkan sesuai dengan Konfirmasi PIN Baru. Perubahan PIN kamu sudah selesai!
Jangan pernah memberi tahu username, password, OTP, atau PIN kamu kepada siapapun, termasuk pihak yang mengatasnamakan Bina atau Bank Ina Perdana. Karyawan Bank Ina tidak pernah meminta username dan password yang kamu miliki.
Jika kamu mengalami ketidaknyamanan ini, kamu bisa melaporkannya ke Call INA di 1500738, email ke BisaNanya@bankina.id, atau Whatsapp ke Bank INA Digital (0855-1500-738).
Tentu kamu bisa mengakses akun Bina menggunakan perangkat yang berbeda, caranya:
- Unduh aplikasi Bina pada perangkat yang akan digunakan
- Masukkan Username dan Password untuk masuk ke Akun kamu, lalu klik tombol ‘Masuk’
- Masukkan NIK e-KTP kamu untuk proses verifikasi, lalu klik tombol ‘Lanjut’
- OTP akan dikirimkan melalui SMS. Jika kamu belum menerima OTP, kamu bisa ‘Kirim Ulang OTP’ setelah menunggu selama 1 menit.
- Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke No. HP kamu. Masuk ke Akun kamu sudah selesai!
Kamu bisa minta bantuan ke Call INA di 1500738, email ke BisaNanya@bankina.id, atau Whatsapp ke Bank INA Digital (0855-1500-738)
Verifikasi Email berguna untuk mengautentikasi bahwa alamat email yang kamu gunakan aktif dan kamu merupakan pemilik asli dari alamat email yang didaftarkan di Bina.
- Masuk ke menu ‘Akun’
- Pilih bagian ‘Ubah Profile’
- Klik tombol ‘Ubah’ di samping kolom data yang mau kamu perbarui
Tabungan Digital kamu berguna sebagai:
- Rekening utama dari akun Bina kamu
- Menerima dana yang masuk ke rekening kamu
- Untuk melakukan transaksi transfer/bayar/beli dari saldo rekening kamu
- Dan masih banyak kegunaan lainnya, yuk buka rekening Bina kamu sekarang!
Huhu sayang sekali jalan kita harus terpisah 🙁 menutup Tabungan Digital berarti kamu juga menutup Rekening Bina. Kamu bisa minta bantuan ke Call INA di 1500738 untuk proses penutupan rekening.
Sayang sekali, nomor rekening Tabungan Digital kamu dibuat secara otomatis oleh sistem.
Tentu saja kamu dapat bunga! Oleh karena itu, tambah terus saldo kamu agar bunga yang kamu dapatkan juga semakin banyak!
Perhitungan bunga yang kamu dapatkan akan dilakukan setiap hari, namun bunga akumulatif yang kamu dapat dilakukan di tanggal 16 setiap bulannya.
Bunga yang kamu dapatkan berlaku sesuai dengan kebijakan Bank Ina yang berlaku. Tabel selengkapnya dapat kamu lihat disini.
Saat ini di Bina, kamu bisa beli pulsa prabayar dan bayar tagihan telepon pascabayar. Tapi jangan khawatir, kami akan terus mengembangkan fitur ini supaya kamu nyaman pakai Bina!
- Pilih fitur ‘Bayar/Beli’ pada menu utama
- Pilih ‘Pulsa’ dari daftar layanan
- Masukkan No. HP kamu
- Pilih nominal pulsa yang kamu inginkan, setelah itu klik tombol ‘Lanjut’
- Periksa kembali nominal pulsa beserta No. HP yang kamu masukkan sebelum melakukan konfirmasi pembayaran. Pastikan juga saldo kamu cukup untuk melakukan transaksi ini ya!
- Jika sudah benar, klik tombol ‘Bayar’ dan masukkan PIN kamu. Pembelian pulsa kamu sudah selesai!
- Pilih fitur ‘Bayar/Beli’ pada menu utama
- Pilih ‘Paket Data’ dari daftar layanan
- Masukkan No. HP kamu
- Pilih paket data yang kamu inginkan, setelah itu klik tombol ‘Lanjut’
- Periksa kembali paket data pilihan beserta No. HP yang kamu masukkan sebelum melakukan konfirmasi pembayaran. Pastikan juga saldo kamu cukup untuk melakukan transaksi ini ya!
- Jika sudah benar, klik tombol ‘Bayar’ dan masukkan PIN kamu. Pembelian pulsa kamu sudah selesai!
- Pilih fitur ‘Bayar/Beli’ pada menu utama
- Pilih ‘Pascabayar’ dari daftar layanan
- Masukkan No. HP kamu
- Pilih paket data yang kamu inginkan, setelah itu klik tombol ‘Lanjut’
- Periksa kembali paket data pilihan beserta No. HP yang kamu masukkan sebelum melakukan konfirmasi pembayaran. Pastikan juga saldo kamu cukup untuk melakukan transaksi ini ya!
- Jika sudah benar, klik tombol ‘Bayar’ dan masukkan PIN kamu. Pembelian pulsa kamu sudah selesai!
Biaya transaksi pembayaran/pembelian berbeda untuk setiap penyedia layanan.
- Pilih fitur ‘Transfer’ pada menu utama
- Pilih ‘Transfer ke Bank Ina’ dari daftar layanan
- Masukkan No. Rekening Bank Ina, setelah itu klik tombol ‘Lanjut’
- Periksa kembali nama dan nomor rekening tujuan. Jika sudah benar, klik tombol ‘Lanjut’
- Masukkan nominal jumlah yang akan dibayar serta catatan (jika ada), setelah itu klik tombol ‘Lanjut’
- Periksa kembali nama dan nomor rekening tujuan, serta nominal yang akan ditransfer. Pastikan juga saldo kamu cukup untuk melakukan transaksi ini ya!
- Jika sudah benar, klik tombol ‘Transfer’ dan masukkan PIN kamu. Transaksi kamu sudah selesai!
Kamu bebas biaya transfer ke sesama Bina selamanya!
- Pilih fitur ‘Transfer’ pada menu utama
- Pilih ‘Transfer ke Bank lain’ dari daftar layanan
- Pilih Bank tujuan dari daftar bank yang disediakan
- Masukkan No. Rekening Bank yang dituju, setelah itu klik tombol ‘Lanjut’
- Periksa kembali nama dan nomor rekening tujuan. Jika sudah benar, klik tombol ‘Lanjut’
- Masukkan nominal jumlah yang akan dibayar, tujuan transfer, serta catatan (jika ada), setelah itu klik tombol ‘Lanjut’
- Periksa kembali nama dan nomor rekening tujuan, serta nominal yang akan ditransfer. Pastikan juga saldo kamu cukup untuk melakukan transaksi ini ya!
- Jika sudah benar, klik tombol ‘Transfer’ dan masukkan PIN kamu. Transaksi kamu sudah selesai!
Melalui ATM:
- Pilih Transfer antar Bank
- Pilih Bank Ina Perdana di daftar Bank Penerima, kemudian masukkan kode Bank Ina Perdana (513)
- Setelah itu, masukkan nomor rekening Bina kamu
- Masukkan nominal yang diinginkan
- Lanjutkan proses sampai selesai
Melalui m-banking/Digital banking:
- Pilih Transfer antar Bank
- Pilih Bank Ina Perdana di daftar Bank Penerima
- Lanjut, masukkan nomor rekening Bina kamu
- Masukkan nominal yang diinginkan
- Lanjutkan proses sampai selesai
Melalui internet banking:
- Login ke aplikasi internet banking.
- Pilih ‘Transfer ke rekening bank lain’
- Pada tampilan layar transfer, isi Bank tujuan pengiriman ke Bank Ina Perdana.
- Setelah itu, masukkan nomor rekening Bina kamu
- Masukkan nominal yang diinginkan
- Lanjutkan proses sampai selesai
Aplikasi Bina bebas biaya administrasi bulanan, bebas biaya akun dormant, dan tidak ada minimal dana mengendap.
Kamu bisa minta bantuan ke Call INA di 1500738, email ke BisaNanya@bankina.id, atau Whatsapp ke Bank INA Digital (0855-1500-738).
Fasilitas kredit untuk modal usaha yang diberikan oleh Bank Ina kepada Merchant mitra Bank Ina terpilih, yang telah memenuhi syarat dan pengajuan kredit.
- Proses pendaftaran yang mudah dan cepat
- Bunga ringan dengan biaya rendah
- Pencairan langsung dan bisa dilakukan berkali-kali
- Jangka waktu pinjaman dan pelunasan bervariasi
Plafon yang dapat diberikan bervariasi mulai dari Rp 2 Juta s/d Rp 25 Juta sesuai keputusan Bank Ina.
- Untuk dapat mengajukan Pinjaman Digital Bina, pastikan kamu sudah memenuhi syarat dan kriteria peminjam/debitur yang ditentukan Bank Ina
- Buka menu Pinjaman pada aplikasi Mitra Bank Ina lalu klik tombol Pinjaman Digital Bina
- Lalu klik ‘Ajukan Pinjaman’.
- Lengkapi data-data yang diperlukan termasuk e-KTP dan foto selfie.
- Setelah melengkapi data yang diperlukan kamu hanya perlu menunggu notifikasi selanjutnya.
Pengajuan kamu akan diproses maksimal 3 hari kerja sejak formulir pengajuan kredit selesai diisi.
Kamu dapat mencoba ajukan pinjaman lagi 6 bulan terhitung sejak pengajuan terakhir
Kamu dapat memilih jangka waktu yang berlaku, mulai dari 14 hari, 1 bulan, 2 bulan, dan 3 bulan
Pinjaman akan dicairkan ke dompet digital Mitra Bank Ina
Kamu akan dikenakan biaya administrasi setiap kamu melakukan penarikan. Biaya Administrasi ini akan otomatis dipotong pada pokok pinjaman kamu.
Kamu dapat menggunakan Pinjaman Digital Bina pada mitra yang bekerjasama dengan Bank Ina. Saat ini Bank Ina bekerja sama dengan mitra:
- OttoPay
Kamu dapat melakukan pelunasan Pinjaman Digital Bina dengan 2 cara:
- Pada hari jatuh tempo pinjaman, pastikan dana pembayaran (nominal pokok ditambah bunga) tersedia pada rekening Tabungan Digital kamu, atau
- Sistem akan secara otomatis memotong saldo dompet digital Kamu pada aplikasi mitra
Keterlambatan pembayaran tagihan akan berdampak pada:
- Dikenakan denda perhari dari seluruh tagihan Kamu (nominal pokok + bunga), mengikuti ketentuan yang berlaku
- Kamu tidak dapat melakukan pencairan berikutnya
- Penurunan peringkat kredit Kamu di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang dapat mempersulit Kamu untuk mendapat pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain.
Aplikasi yang hanya dapat digunakan oleh Agen Bina untuk memproses transaksi finansial ataupun non-finansial untuk nasabah Bank INA, khususnya nasabah BSA.
Kamu bisa melakukan banyak transaksi sesuai dengan klasifikasimu sebagai agen. Jadi, kamu dapat meningkatkan transaksi untuk tokomu dengan aman dan nyaman. Kamu juga bisa memonitor transaksi secara langsung.
Agen Bina akan dibagi menjadi beberapa klasifikasi dan setiap klasifikasi dapat menikmati keuntungan berbeda kedepannya.
Seluruh agen akan memulai klasifikasi dari A, terdapat fitur yang berbeda untuk masing-masing klasifikasi. Apabila Agen ingin naik klasifikasi, maka Agen bisa memenuhi persyaratan dan menghubungi pihak Bank INA.
Kamu harus memastikan saldo tetap tercukupi agar tidak terjadi kegagalan pada saat melakukan transaksi.
Jangan khawatir! Kamu bisa segera lakukan transfer dari Bank lain ke rekening Tabina Laku Pandai dan pastikan kedepannya saldomu tercukupi sehingga transaksi di toko tidak terhambat. Caranya pastikan saldo tidak kurang dari batas minimal yang diperlukan, sesuai dengan klasifikasimu saat ini.
1. Sebagai Agen Bina, pastikan ID Pembayaran / Nomor HP nasabahmu sudah benar. Apabila inputan ID pembayaran / Nomor HP salah, maka akan muncul informasi gagal.
2. Apabila inputan sudah benar dan saldo juga sudah terpotong namun pembayaran masih dianggap gagal, maka ada kemungkinan gangguan sistem di pihak kami atau di pihak ketiga, untuk hal itu kamu bisa menghubungi Call INA 1500738.
Dana kamu akan kami kembalikan di H+3 hari kerja apabila diindikasi transaksi tersebut gagal.
Jangan khawatir, coba lakukan beberapa tahap berikut ini:
A. Untuk transaksi setor tunai
1. Jika ada nasabah yang melakukan setoran tunai dan muncul informasi gagal, pastikan saldomu sebagai agen cukup, karena saldo yang ada di rekening akan terpotong sesuai nominal setoran tunai tersebut, dan kamu akan menerima uang fisik sebagai gantinya.
2. Apabila saldomu cukup namun muncul informasi gagal, kemungkinan terjadi gangguan pada sistem kami, untuk hal tersebut sebelumnya kami meminta maaf dan kamu bisa mencoba kembali beberapa saat kedepan.
B. Untuk transaksi tarik tunai
1. Jika ada nasabah yang melakukan penarikan tunai, pastikan kamu mempersiapkan uang fisik pada kas toko, karena pada saat nasabah melakukan penarikan tunai, maka saldo nasabah akan terpotong sesuai nominal penarikan, dan saldomu sebagai agen akan bertambah, namun kamu wajib memberikan uang fisik kepada nasabah sesuai nominal yang ingin ditarik oleh nasabah sebelumnya.
2. Apabila saldo nasabah cukup namun muncul informasi gagal, kemungkinan terjadi gangguan pada sistem kami, untuk hal tersebut sebelumnya kami meminta maaf dan kamu bisa mencoba kembali beberapa saat kedepan.
3. Apabila saldo nasabah tidak cukup, maka akan muncul informasi gagal.
Kamu dapat memproses pengaduan nasabah langsung ke Call INA 1500738, WhatsApp +628551500738, atau email ke bisananya@bankina.id
Apabila kehilangan handphone, kamu dapat memblokir aplikasi Agen Bina dan fasilitas tabungan untuk sementara waktu dengan hubungi Call INA 1500738.
Selanjutnya jika kamu sudah memiliki handphone pengganti, kamu dapat mengunduh aplikasi Agen Bina kembali.
Hindari mengganti no HP dan email untuk memudahkan proses aktivasi ulang, dalam mengakses kembali akun Agen Binamu.
Untuk dapat melakukan integrasi antara platform Anda dengan API Bina, Anda perlu
mengajukan kerja sama dengan Bank INA agar dapat melakukan koneksi dengan
spesifikasi yang telah diberikan oleh Bank INA.
API Bina menggunakan format JSON.
Anda dapat menghubungi kami apabila terjadi kegagalan dalam proses pembayaran
yang Anda lakukan di platform Anda.
Anda dapat menghubungi kami melalui email bisananya@bankina.id
Untuk biaya yang diberikan adalah biaya penggunaan API dengan perhitungan jumlah
hit sesuai dengan perjanjian kerja sama yang disepakati.
Ya, kamu bisa menggunakan kartu ATM/Debit Bina di semua ATM jaringan Prima dan ATM bersama.
Ya, kamu bisa menggunakan kartu ATM/Debit Bina di semua EDC jaringan GPN.
Bertransaksi di mesin EDC dengan kartu ATM/Debit Bina tidak dipungut biaya.
Jika kartu ATM/Debit Bina kamu hilang atau rusak kamu dapat melakukan pengajuan pergantian kartu melalui Bina Digital.
Jika kartu ATM/Debit Bina kamu terblokir, kamu dapat menghubungi Call INA di 1500738 untuk melakukan pembukaan blokir kartu.
Ya, kamu bisa mengganti kartu ATM/Debit Bina melalui Bina Digital dengan menggunakan fitur ganti kartu melalui menu ‘Kartu Saya’ di halaman profile.
Kamu dapat mengubah PIN kartu ATM/Debit Bina kamu melalui mesin ATM Bank INA menggunakan menu ganti PIN.
Rekening yang terhubung adalah rekening utama Tabungan Digital kamu.
Jika kamu tidak mengingat PIN kartu ATM/Debit Bina kamu, kamu dapat melakukan pergantian kartu melalui Bina Digital.
Jika kartu ATM/Debit Bina kamu tertelan kamu dapat melakukan pemblokiran kartu ATM/Debit Bina melalui Bina Digital, kemudian kamu dapat juga melakukan pergantian kartu melalui Bina Digital.
QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah,cepat dan terjaga keamanannya.
○ Pilih logo QRIS di halaman beranda.
○ Pindai QR atau pilih dari galeri
○ Masukkan nominal jumlah pembayaran
○ Periksa kembali tujuan dan nominal pembayaran. Pastikan saldo kamu cukup
ya!
○ Masukkan 6 digit PIN kamu
○ Transaksi QRIS kamu berhasil
Tidak ada biaya tambahan saat melakukan transaksi menggunakan QRIS.
Pembayaran QRIS dapat dilakukan di seluruh merchant yang memiliki kode QR berlogo QRIS.
Kamu bisa minta bantuan ke Call INA di 1500738, email ke BisaNanya@bankina.id atau Whatsapp ke Bank INA Digital (0855-1500-738).
Kode setor dan tarik tunai aplikasi Bina Digital berlaku 1 jam sejak Nasabah berhasil mendapatkan Kode di aplikasiBina Digital. Jika kode nasabah mengalami kedaluwarsa, Nasabah dapat melakukan permintaan kode melalui aplikasi Bina Digital dan dapat segera melakukan proses setor atau tarik tunai dengan memberikan kode baru kepada kasir Indomaret.
Untuk saat ini kode setor dan tarik tunai Bina Digital yang telah berhasil terbentuk tidak dapat dibatalkan, Nasabah dapat menunggu hingga batas waktu kadaluarsa kode
Dana akan dikembalikan secara otomatis ke rekening Bina Digital Anda maksimum 3 hari kerja setelah tanggal transaksi. Jika terdapat kendala saat melakukan transaksi, Anda dapat menghubungi 1500738 atau email ke bisananya@bankina.id
Dana akan terkreditkan secara otomatis ke rekening Bina Digital dan maksimum 3 hari kerja setelah tanggal transaksi. Jika kendala saat melakukan transaksi, Anda dapat menghubungi 1500738 atau emai ke bisananya@bankina.id
Deposito Bina bersifat fleksibel, kamu dapat menutup Deposito Bina sebelum pencairan.
Tidak, kamu tidak akan mendapatkan bunga jika kamu menutup Deposito sebelum waktu pencairan.
Tenang! Kemungkinan Deposito kamu sudah jatuh tempo, Deposito dengan tipe ‘Deposito Tidak Diperpanjang’ akan otomatis tertutup dan seluruh dana pokok serta bunga yang didapat akan dipindahkan ke rekening utama.
Tidak, tidak terdapat batasan pembuatan deposito Bina.
Tenang, suku bunga kamu sudah terkunci sampai waktu jatuh tempo dan baru akan diperbaharui jika Deposito Bina diperpanjang
Tenor deposito Bina mulai dari 14 hari dan bunga Deposito Bina hingga 6% p.a. Selengkapnya kamu bisa klik link ini
Maaf ya.. Yang kamu cari tidak ditemukan
Informasi apa yang kamu cari?
- Tabungan Digital Bina
- Pinjaman Digital Bina
- Agen Bina
- API
- Kartu ATM Debit Bina
- Setor Tarik Tunai Indomaret
- Deposito Bina
Biaya
KATEGORI | BIAYA |
---|---|
Biaya bulanan | Rp0 |
Biaya pembukaan rekening | Rp0 |
Biaya penutupan rekening | Rp0 |
Biaya rekening pasif (tidak ada transaksi dalam 6 bulan selain pajak & bunga) | Rp0 |
Biaya di bawah saldo minimum | Rp0 |
Kirim uang ke sesama Bina | Rp0 |
Kirim uang ke rekening Bank Ina | Rp0 |
Kirim uang ke rekening bank lain (BI-FAST) | Rp0 |
Kirim uang ke rekening bank lain (Transfer Online) | Rp6.500 |
Pembelian pulsa | Sesuai kebijakan mitra |
Pembelian paket data | Sesuai kebijakan mitra |
Pembayaran tagihan pascabayar | Sesuai kebijakan mitra |
Suku Bunga
Jenis Tabungan | Suku Bunga |
---|---|
Tabungan Digital | 1% p.a. |
Tabungan Simpanan | 4% p.a. |
Limit
JENIS TRANSAKSI | LIMIT MINIMAL/ TRANSAKSI | LIMIT MAKSIMAL/ TRANSAKSI | LIMIT MAKSIMAL/ HARI |
---|---|---|---|
Kirim uang ke sesama Bina | Rp10.000 | Rp100.000.000 | Rp250.000.000 |
Kirim uang ke rekening Bank Ina | Rp10.000 | Rp100.000.000 | Rp250.000.000 |
Kirim uang ke rekening bank lain (BI-FAST) | Rp30.000 | Rp100.000.000 | Rp250.000.000 |
Kirim uang ke rekening bank lain (Transfer Online) | Rp10.000 | Rp50.000.000 | Rp100.000.000 |
Pembelian pulsa | Sesuai nominal pembelian | Rp10.000.000 | Rp10.000.000 |
Pembelian paket data | Sesuai nominal pembelian | Rp10.000.000 | Rp10.000.000 |
Pembayaran tagihan pascabayar | Sesuai nominal pembelian | Rp100.000.000 | Rp100.000.000 |
QRIS | Rp1.000 | Rp5.000.000 | Rp20.000.000 |
Top up OttoCash dan i.saku | Rp10.000 | Rp100.000.000 | Rp250.000.000 |
Top up GoPay | Sesuai nominal pembelian | Sesuai kebijakan mitra | Rp10.000.000 |
Biaya
KATEGORI | BIAYA |
---|---|
Biaya administrasi | Rp2.500 /pencairan |
Biaya pencairan lebih cepat | Rp0 |
Suku Bunga
JENIS PINJAMAN | SUKU BUNGA |
---|---|
Pinjaman Digital Bina | 18% - 24% |
Limit
JENIS PINJAMAN | MAKSIMAL TRANSAKSI |
---|---|
Pencairan pinjaman | Sesuai limit yang tersedia / Maks. Rp25.000.000 |
Biaya
KATEGORI | BIAYA | ||
---|---|---|---|
Agen Bina (Tabina Laku Pandai) | Tabungan BSA (Nasabah Agen Bina) |
||
Setoran Awal | Klasifikasi A | Min. 500 Ribu | Rp10.000 |
Klasifikasi B | Min. 3 Juta | ||
Biaya pembukaan rekening | Tidak ada | Tidak ada | |
Biaya Bulanan | Rp1.500 | Rp0 | |
Biaya rekening pasif (tidak ada transaksi dalam 6 bulan selain pajak & bunga) | Rp0 | Rp0 | |
Biaya penutupan rekening | Rp40.000 | Rp0 | |
Saldo minimum | Rp50.000 | Rp0 | |
Biaya di bawah saldo minimum | Rp0 | Rp0 | |
Pembelian pulsa | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembelian paket data | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembelian Token PLN | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembelian Tiket KAI | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembayaran tagihan pascabayar | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembayaran Tagihan PLN | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembayaran Internet | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembayaran TV Kabel | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembayaran Tiket KAI | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembayaran PDAM | Sesuai kebijakan mitra | ||
Pembayaran BPJS | Sesuai kebijakan mitra |
Suku Bunga
JENIS REKENING | SUKU BUNGA |
---|---|
Agen Bina (Tabina Laku Pandai) | 1% |
Tabungan BSA (Nasabah Agen Bina) | 0,25% |
Limit
JENIS TRANSAKSI | LIMIT MINIMAL/ TRANSAKSI | LIMIT MAKSIMAL/ TRANSAKSI | LIMIT MAKSIMAL/ HARI | LIMIT MAKSIMAL/ BULAN |
---|---|---|---|---|
Tabungan BSA (Basic Saving Account) | ||||
Setoran Tunai | Rp10.000 | Rp19.000.000* | Rp19.000.000* | Rp19.000.000* |
Tarik Tunai | Rp10.000 + biaya transaksi | Rp5.000.000 | Rp5.000.000 | Rp5.000.000 |
Limit
API | LIMIT | |||
---|---|---|---|---|
Min per-Transaksi | Maks. per-Transaksi | Maks per-Hari | ||
Direct Debit | Rp1,- | Rp100 juta | Rp250 juta | |
Interbank Transfer | Rp10.000,- | Rp250 juta | Rp2,5 miliar |
Biaya Administrasi
Kategori | Biaya |
---|---|
Permintaan kartu baru | Gratis |
Ganti kartu rusak/hilang/tertelan | Rp30.000 |
Ganti kartu kadaluarsa | Rp30.000 |
Biaya admin bulanan | Rp0 |
Biaya Transaksi
Kategori | Biaya Mesin ATM Bank Ina | Biaya Mesin ATM Bank Lain | Biaya Mesin EDC |
---|---|---|---|
Transfer | Rp0 | Rp6.500 | - |
Cek saldo | Rp0 | Rp4.000 | - |
Tarik tunai | Rp0 | Rp7.500 | - |
Transaksi decline | Rp0 | Rp3.000 | Rp0 |
Limit
Kategori | Limit Minimal / Transaksi | Limit Maksimal / Per Hari | Ket | |
---|---|---|---|---|
Tarik Tunai | Rp10.000 | Rp10.000.000 | - Denom Rp 50.000 : Rp 1.250.000 Per Transaksi - Denom Rp 100.000 : Rp 2.500.000 Per Transaksi |
|
Transfer | Rp10.000 | Rp50.000.000 | ||
Bayar / Beli | Rp10.000 | Rp50.000.000 |
Biaya dan Limit
Layanan | Biaya | Minimal Per Transaksi | Limit Per Transaksi | Limit Harian |
---|---|---|---|---|
Setor Tunai | Rp 5.000 | Rp50.000 (Kelipatan Rp50.000) | Rp 1.000.000 | Rp 10.000.000 |
Tarik Tunai | Rp 5.000 | Rp50.000 (Kelipatan Rp50.000) | Rp 1.000.000 | Rp 10.000.000 |
Suku Bunga
Suku Bunga | Tenor |
---|---|
5% p.a | 14 Hari |
5.5% p.a | 1 Bulan |
5.75% p.a | 2 bulan |
6% p.a | 3 Bulan |
Limit
Minimal Deposito | Rp 1.000.000 |
Berdasarkan peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, sebagai Nasabah, Anda bisa mengajukan keluhan atau pengaduan terkait pengalaman Anda ketika menggunakan website atau aplikasi dari PT Bank INA Perdana, Tbk.
Bank INA menyediakan beberapa cara untuk melakukan pengaduan, yaitu sebagai berikut:
- Secara lisan:
- Nasabah dapat mendatangi kantor cabang Bank INA terdekat; atau
- Nasabah dapat menghubungi Call INA di 1500 738. Contact Center kami melayani Anda selama 24/7.
- Secara Tertulis:
- Nasabah dapat mengirimkan email ke alamat email BisaNanya@bankina.id;
- Nasabah dapat melakukan pengaduan melalui media sosial Instagram (@binadigital.id) dan Facebook (Bank INA);
- Nasabah dapat menghubungi melalui Whatsapp Bank INA Digital di +62 855 1500 738;
- Nasabah dapat menyampaikan pengaduan melalui website Bank Ina (https://bankina.co.id) dan website Bina Digital (https://binadigital.id); atau
- Nasabah dapat menyampaikan pengaduan melalui surat ke alamat berikut:
PT Bank INA Perdana
Gedung Ariobimo Sentral , 3rd Floor
Jl. H.R. Rasuna Said Blok X 2 Kav 5
Jakarta Selatan 12950
Prosedur Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah
Pengaduan yang telah disampaikan Nasabah akan diselesaikan dalam 20 (dua puluh) hari kerja sejak tanggal penerimaan pengaduan diterima oleh Bank. Apabila terdapat beberapa kondisi khusus yang dapat menyebabkan pengaduan Nasabah diperpanjang, maka Bank akan melakukan pemberitahuan kepada Nasabah secara tertulis sebelum jangka waktu 20 (dua puluh) hari kerja yang pertama berakhir.
Kondisi khusus yang dapat menyebabkan pengaduan Nasabah diperpanjang meliputi:
- Bank membutuhkan pemenuhan kelengkapan dokumen; atau
- Bank memerlukan perpanjangan waktu untuk penyelesaian pengaduan Nasabah yang disebabkan oleh kondisi tertentu dengan memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku.