Kebijakan Privasi Bina

PT Bank INA Perdana Tbk (selanjutnya disebut “Bank INA”) sepenuhnya menyadari bahwa Data Pribadi merupakan aset terpenting bagi Anda, sehingga Bank INA berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan perlindungan terhadap Data Pribadi Anda, terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan yang ditawarkan oleh Bank INA.

Bank INA menerapkan kebijakan dan praktik terbaik yang bertujuan untuk menjaga dan memelihara privasi serta keamanan Data Pribadi Anda sesuai dengan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi, untuk pemrosesan data terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank INA (selanjutnya disebut “Kebijakan Privasi”).

Selanjutnya, Kebijakan Privasi ini berlaku untuk semua pemilik Data Pribadi (Subjek Data Pribadi), yang terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank INA.

1. Ruang Lingkup

Kebijakan Privasi ini mengatur tentang kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik yang diterapkan oleh Bank INA sebagai Pengendali Data Pribadi dalam memperoleh dan mengumpulkan, mengolah dan menganalisis, menyimpan, memperbaiki dan memperbaharui, menampilkan, mengumumkan, transfer, menyebarluaskan, atau mengungkapkan, menghapus dan memusnahkan (selanjutnya disebut “Pemrosesan”) Data Pribadi Anda, terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan, meliputi:

  1. Jasa perbankan, meliputi Simpanan, Pinjaman, Layanan Digital, dan Layanan Perbankan lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada produk investasi, Internet Banking, Mobile Banking, dan lain-lainnya.
  2. Situs web, email, telepon, fitur, aplikasi, media sosial, atau bentuk media komunikasi lainnya yang disediakan atau digunakan oleh Bank INA. Seluruh layanan selanjutnya disebut sebagai “Layanan”.

2. Definisi

  1. Akun adalah akun unik Anda untuk mengakses layanan Bank INA
  2. Cookies dan cache adalah file kecil dengan informasi yang disimpan browser atau aplikasi di perangkat Anda. Informasi dalam file ini biasanya dibagikan dengan pemilik situs atau aplikasi selain calon mitra dan pihak ketiga. Pengumpulan informasi ini dapat digunakan dalam fungsi situs dan / atau untuk meningkatkan pengalaman Anda.
  3. Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik maupun non elektronik.
  4. Hukum yang berlaku berarti Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi No. 27 Tahun 2022 dan peraturan pelaksanaannya sebagaimana diubah dari waktu ke waktu dan undang-undang serta peraturan terkait lainnya yang terkait dengan Pelindungan Data Pribadi.

3. Pengumpulan Data Pribadi dan Penggunaan Informasi

Aktivitas pengumpulan yang dilakukan dalam layanan Bank INA meliputi dan tidak terbatas pada:

a.  Data Pribadi yang Diproses oleh Bank INA

Bank INA memperoleh dan mengumpulkan informasi yang dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik yang terkait dengan informasi tersebut yang dalam hal ini terbatas pada Layanan.

Data Pribadi yang dikumpulkan Bank INA dapat diberikan oleh Subjek Data Pribadi secara langsung maupun dari pihak ketiga (sebagai contoh, ketika Subjek Data Pribadi mendaftar atau menggunakan Layanan melalui mitra-mitra Bank INA atau pihak ketiga lainnya). Bank INA akan mengumpulkan Data Pribadi dalam berbagai bentuk tujuan yang diperkenankan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Data Pribadi Anda yang dikumpulkan dalam penyelenggaraan Layanan ini antara lain:

  1. Data Pribadi yang dibutuhkan oleh Bank INA untuk menyelenggarakan Layanan, meliputi Data Pribadi yang bersifat umum dan spesifik sebagai berikut:

a. Data Umum:

    1. Nama lengkap.
    2. Alamat tempat tinggal.
    3. Tempat dan tanggal lahir.
    4. Jenis kelamin.
    5. Kewarganegaraan.
    6. Nama gadis ibu kandung.
    7. Agama.
    8. Pekerjaan.
    9. Pendidikan.
    10. Jabatan.
    11. Nomor Induk Kependudukan / Paspor / Kartu Induk Anak / Kartu Pelajar,
    12. Nomor handphone,
    13. Alamat email,
    14. Nomor telepon kantor / rumah,
    15. Data Pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang.

b. Data Spesifik

  1. Data biometrik yang dapat mengidentifikasi unik terhadap individu namun tidak terbatas pada gambar wajah, sidik jari, rekaman pembicaraan.
  2. Data keuangan pribadi namun tidak terbatas seperti penghasilan dan Nomor Pokok Wajib Pajak.
  3. Data lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

c. Selain itu, informasi lain sepanjang termasuk profil pribadi dan/atau tanda pengenal, yang terasosiasi atau tergabung dalam Data Pribadi, maka informasi tersebut juga merupakan Data Pribadi. Anda memiliki pilihan untuk memberikan Data Pribadi tambahan kepada Bank INA untuk kebutuhan personalisasi akun di luar yang telah disebutkan di atas.

 

2. Data penelusuran atas informasi yang dikumpulkan ketika Anda menggunakan Layanan yang diberikan oleh Bank INA. Data penelusuran yang berkenaan dengan Data Pribadi termasuk namun tidak terbatas pada:

    1. Data pencarian dan riwayat penelusuran.
    2. Keterkaitan atau preferensi Anda yang dikumpulkan dari penggunaan Layanan.
    3. Foto, suara, kontak, daftar panggilan ataupun interaksi lainnya dalam Layanan yang diizinkan oleh Anda untuk diakses melalui perangkat yang dimilikinya. 

3. Data Pribadi yang dibuat dan didapatkan dari hasil penggunaan Layanan Bank INA, termasuk namun tidak terbatas pada:

    1. Data olahan teknis, seperti penilaian profiling, penilaian lokasi, mobile positioning.
    2. Informasi tentang Data yang diperoleh dari aktivitas pemakaian Layanan perbankan yang diakses oleh Anda, seperti pembayaran tagihan maupun profiling dan segmentasi Anda.

4. Data Pribadi dari Grup Usaha Bank dan/atau pihak ketiga lainnya yang merupakan mitra Bank INA atau mengadakan kerja sama dengan Bank INA.

b. Bagaimana Data Pribadi Anda akan Digunakan

Bank INA mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi Anda dengan persetujuan Anda untuk mengirimkan, mengelola, dan mengembangkan layanan Bank INA, serta mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana Bank INA dapat meningkatkan layanan tersebut. Penggunaan Data Pribadi Anda mencakup beberapa hal di bawah ini:

  1. Menjalankan dan mengoperasikan layanan bank;
  2. Meningkatkan kualitas layanan Bank INA;
  3. Untuk mendaftarkan, mengelola dan memverifikasi atau mengotentikasi identitas Anda;
  4. Mengetahui lokasi Anda sebagai langkah preventif pencegahan fraud;
  5. Untuk memproses pesanan Anda untuk layanan Bank INA, termasuk memproses pembayaran untuk pesanan tersebut;
  6. Untuk mengirimkan pesanan atas layanan yang Anda beli, termasuk perwakilan resmi Bank INA dan / atau kurir yang menelepon atau mengirim pesan kepada Anda untuk mendapatkan instruksi pengiriman Anda;
  7. Untuk memproses pengembalian dana Anda sesuai dengan Ketentuan Layanan Bank INA;
  8. Untuk berkomunikasi dengan Anda sehubungan dengan:
  • pertanyaan, permintaan, dan umpan balik Anda;
  • perubahan material pada Ketentuan Layanan, Kebijakan, atau syarat dan ketentuan Bank INA; dan
  • hal-hal yang berkaitan dengan pengoperasian akun Anda.

    9. Untuk memantau dan menegakkan kepatuhan terhadap Ketentuan Layanan Bank INA, termasuk penyelesaian sengketa;

    10. Untuk mematuhi:

  • pengendalian risiko internal;
  • ketentuan akses Bank INA ke pemrosesan pembayaran, layanan keuangan atau perbankan seperti penipuan, kesalahan penagihan; atau
  • Hukum yang Berlaku.

    11. Untuk membangun lingkungan yang aman dan terjamin;

    12. Untuk menyelidiki dan mencegah insiden keamanan seperti pelanggaran, serangan, dan peretasan;

    13. Untuk mengembangkan dan meningkatkan produk dan layanan Bank INA termasuk untuk tujuan Analisa kredit, penagihan, atau antisipasi fraud;

    14. Untuk memberi Anda dukungan teknis dan pelanggan;

    15. Untuk mengatur dan menyampaikan iklan dan pemasaran;

    16. Untuk mengirimi Anda buletin dan komunikasi pemasaran lainnya tentang produk, program, dan layanan, acara, kompetisi, survei, dan promosi saat ini dan masa depan yang diadakan oleh Bank INA atau diselenggarakan atas nama Bank INA;

    17. Untuk penelitian dan pengembangan;

    18. Untuk kerjasama dengan pihak ketiga dengan tujuan mengelola operasional Bank INA, termasuk dan tidak terbatas dalam melakukan analisa kredit, penagihan kredit, dan antisipasi fraud atas layanan yang diberikan oleh Bank INA.

    19. Bank INA juga dapat menggunakan Data Pribadi Anda:

  • untuk tujuan lain yang secara wajar terkait dengan tujuan yang disebutkan di atas dan di mana Bank INA telah memperoleh dan mempertahankan persetujuan terkait; 
  • dalam keadaan di mana penggunaan tersebut tidak memungkinkan meminta persetujuan kepada subjek data.

    20. Namun Bank INA tetap memastikan kepatuhan atas penggunaan Data Pribadi Anda berdasarkan Undang – Undang Perlindungan Data Pribadi. Maka, dua proses di atas tetap dilakukan penilaian berdasarkan upaya Legitimate Interest Assesment.\

c. Dengan siapa Data Pribadi Anda akan Dibagikan atau Diungkapkan

Sehubungan dengan tujuan di atas, dengan persetujuan Anda, Bank INA dapat membagikan Data Pribadi Anda dengan pihak ketiga sesuai dengan perjanjian kerjasama, termasuk kepada pihak-pihak berikut:

  • Karyawan, konsultan, pekerja sementara;
  • Penyedia Jasa pembayaran, yang memproses pembayaran Anda di Situs Web dan Aplikasi;
  • Penyedia logistik, seperti layanan kurir yang akan mengirimkan pesanan Anda kepada Anda;
  • Mitra bisnis yang secara terpisah mengelola akun dengan Anda untuk program loyalitas atau penukaran poin (jika ada);
  • Mitra bisnis atau vendor sehubungan dengan pemrosesan promosi, acara, atau layanan apa pun yang diselenggarakan oleh Bank INA (jika ada);
  • Penasihat dan konsultan profesional;
  • Agen, kontraktor, atau penyedia layanan yang menyediakan layanan operasional kepada Bank INA, seperti penyedia layanan email, penyimpanan dan pemrosesan cloud online, pengoptimalan pemasaran, teknologi informasi, telekomunikasi, penyedia layanan pencadangan dan pemulihan bencana, keamanan atau layanan terkait lainnya yang memerlukan pengumpulan, penggunaan, atau pengungkapan Data Pribadi Anda; dan
  • Pihak lain mana pun yang Anda beri wewenang kepada Bank INA untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda.

Bank INA juga menggunakan Google Analytics untuk membantu Bank INA memahami bagaimana pelanggan Bank INA menggunakan situs ini. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang cara Google menggunakan Data Pribadi Anda di sini: https://policies.google.com/privacy?hl=en.

4. Hak Anda atas Data Pribadi Anda

a. Hak Atas Akses

Bank INA berkomitmen untuk memenuhi hak Subjek Data Pribadi untuk mengakses Data Pribadi yang dikumpulkan dan diproses oleh Bank INA.

Dalam memenuhi permintaan akses ke Data Pribadi, Bank INA dapat menolak permintaan apabila Bank INA menemukan bahwa permintaan ke Data Pribadi memenuhi salah satu atau lebih kondisi berikut ini:

  1. Membahayakan keamanan atau kesehatan fisik atau kesehatan mental dari Pemilik Data Pribadi dan/atau orang lain.
  2. Berdampak pada pengungkapan Data Pribadi milik orang lain.
  3. Bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan nasional.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan permintaan akses Data Pribadi, Anda dapat menghubungi saluran komunikasi yang ditetapkan oleh Bank INA.

b. Hak Untuk Perbaikan

Apabila Anda menemukan kekeliruan dalam Data Pribadi yang disebabkan oleh ketidakakuratan atau diperlukan pembaruan atas Data Pribadi, maka Anda dapat meminta kepada Bank INA untuk memperbaiki, melengkapi dan/atau memperbarui Data Pribadinya yang berada dalam pengelolaan Bank INA, dengan menghubungi saluran komunikasi yang ditetapkan oleh Bank INA.

Dalam hal terdapat ketidakakuratan dalam pemberian Data Pribadi Anda, Bank INA berhak menghentikan layanan dan/atau transaksi berdasarkan pengetahuan dan pertimbangan Bank INA.

Bank INA menghimbau Anda untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan Data Pribadi Anda.

c. Hak untuk Dilupakan (Right to Erasure)

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan retensi data milik Bank INA atau atas permintaan / permohonan Anda, Bank INA dapat menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda dari sistem agar data tersebut tidak lagi mengidentifikasi Anda, kecuali dalam hal:

  1. Apabila perlu menyimpan Data Pribadi untuk memenuhi kewajiban hukum, kewajiban kepada regulator perbankan Indonesia, keperluan pembuktian di kemudian hari, pajak, audit, dan akuntansi. Bank INA akan menyampaikan Data Pribadi yang diperlukan selama Anda  menggunakan Layanan Bank atau sesuai jangka waktu yang dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Data Pribadi masih berada dalam periode retensi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perihal keperluan pemusnahan Data Pribadi Anda dari sistem (right to erase), diperlukan permohonan tertulis yang diajukan kepada Bank INA agar Data Pribadi tersebut dapat dimusnahkan dari sistem milik Bank INA asalkan tidak bertentangan dengan Pedoman Retensi Arsip Arsip Badan Usaha Bidang Perbankan yang berlaku.

d. Hak Atas Pembatasan Pemrosesan 

Anda memiliki hak untuk membatasi bagaimana Bank INA menangani Data Pribadi Anda. Dalam hal demikian, Bank INA tidak akan menggunakan Data Pribadi Anda untuk keperluan pemasaran produk/layanan dari pihak ketiga .

e. Hak Atas Keberatan

Jika pemrosesan Data Pribadi Anda oleh Bank INA  didasarkan pada kepentingan sah Bank INA, Anda dapat menolaknya karena alasan yang terkait dengan keadaan khusus Anda. Bank INA akan menghormati keberatan Anda kecuali Bank INA memiliki alasan sah yang kuat untuk pemrosesan yang melebihi kepentingan dan hak Anda, atau jika diperlukan untuk memproses Data Pribadi untuk penetapan, pelaksanaan, atau pembelaan klaim hukum.

f. Pengecualian Hak Subjek Data 

Penerapan hak Subjek Data memiliki pengecualian, seperti dalam kasus kebutuhan untuk:

  • Pertahanan dan keamanan nasional;
  • Penegakan hukum;
  • Kepentingan publik, termasuk penyelenggaraan negara;
  • Pengawasan sektor keuangan dan sistem keuangan;
  • Kegiatan statistik dan penelitian ilmiah yang berkepentingan publik.

Bank INA berkomitmen untuk menjaga privasi dan melindungi Data Pribadi Anda dengan mengimplementasikan standar keamanan yang tinggi, sejalan dengan kebijakan privasi Bank INA dan peraturan pelindungan data yang belaku.

5. Menarik Persetujuan

  • Anda dapat memilih untuk menarik persetujuan terkait dengan pengolahan Data Pribadi, dengan menghubungi Bank INA melalui saluran komunikasi yang ditetapkan Bank INA, atau melalui mekanisme lain yang disiapkan oleh masing-masing Layanan Bank INA.
  • Apabila Anda memilih untuk tidak menerima satu Layanan, Bank INA  masih berhak untuk mengirim pesan terkait Layanan Bank INA lainnya.
  • Setelah menerima permintaan Anda untuk mencabut persetujuan penggunaan Data Pribadi untuk menerima materi pemasaran atau promosi atau komunikasi, pihak Bank INA akan melakukan perubahan paling lama 3×24 jam sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Sebelum dilakukan perubahan paling lama 3×24 jam, Anda mungkin terus menerima materi pemasaran atau promosi atau komunikasi selama periode ini.
  • Setelah proses penarikan persetujuan selesai, Bank INA berhak menghentikan pengumpulan, pemanfaatan, dan/atau pengungkapan Data Pribadi Anda, kecuali dalam kasus di mana Bank INA perlu menyimpannya untuk kepatuhan, peraturan, atau tujuan hukum lainnya.

6. Keamanan

  • Bank INA akan menyimpan Data Pribadi Anda hanya untuk tujuan pengumpulan data yang disebutkan pada poin 3.b dokumen ini dan sejauh yang diwajibkan oleh Hukum yang Berlaku.
  • Lokasi penempatan server komputer dalam lingkungan yang aman dan terkendali. Server tersebut juga terlindungi dari akses, penggunaan, atau pengungkapan yang tidak sah.
  • Pelindungan secara administratif, teknis, dan fisik yang wajar. Upaya tersebut dilakukan untuk melindungi data pengguna terhadap akses, penggunaan, modifikasi, dan pengungkapan informasi pribadi yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Subjek Data Pribadi bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan rincian Data Pribadinya dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang digunakan untuk mengakses Layanan Bank INA.

7. Penyimpanan

Sebagai penyedia layanan, Bank INA berkomitmen untuk menyimpan Data Pribadi Anda selama Anda menggunakan layanan Bank INA atau selama akun Anda tetap aktif. Bank INA mematuhi ketentuan hukum yang berlaku dalam menyimpan dan menghapus Data Pribadi Anda, berdasarkan alasan seperti:

  • Data pribadi tidak lagi diperlukan untuk tujuan pengumpulan awal;
  • Tidak ada lagi kewajiban hukum yang mengharuskan penyimpanan Data Pribadi;
  • Anda telah mengajukan permohonan penghapusan Data Pribadi;
  • Anda telah menarik persetujuan pemrosesan Data Pribadi.

8. Kebocoran Data Pengguna

Dalam hal keamanan website dan aplikasi jika diketahui telah disusupi atau pengguna Informasi Pribadi telah diungkapkan kepada pihak ketiga yang tidak terkait, sebagai akibat dari aktivitas eksternal, dalam hal serangan keamanan atau penipuan, Bank INA berhak untuk mengambil tindakan yang layak, termasuk:

  • Penyelidikan dan pelaporan;
  • Pemberitahuan dan kerja sama dengan pihak penegak hukum. 

Dalam hal terjadi pelanggaran data, Bank INA akan melakukan upaya yang wajar untuk memberi tahu individu yang terpengaruh jika:

  • Diyakini adanya risiko yang wajar dari bahaya kepada pengguna sebagai akibat dari pelanggaran. 
  • Ada pemberitahuan yang diwajibkan oleh hukum. 

Jika hal tersebut terjadi, Bank INA akan membuat pemberitahuan di website dan atau aplikasi atau mengirimkan email kepada Pengguna.

9. Privasi Anak-Anak

  • Bank INA hanya akan memproses data individu di bawah usia 18 tahun dengan persetujuan yang sah yang diberikan oleh orang tua anak dan/ atau wali anak tersebut selaku penanggung jawab anak tersebut sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 
  • Bank INA menyampaikan kepada orang tua atau pengawas untuk memverifikasi keperluan pemrosesan data anak.

10. Penyandang Disabilitas

  • Bank INA melakukan pemrosesan data pribadi penyandang disabilitas dengan cara melakukan komunikasi dan meminta persetujuan dari penyandang disabilitas dan/ atau wali penyandang disabilitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

11. Perubahan atau Pembaharuan Kebijakan Privasi

  • Bank INA dapat memperbarui Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu. Perubahan pada Kebijakan Privasi efektif berlaku segera setelah perubahan diunggah pada laman ini. 
  • Kebijakan Privasi ini dapat diubah dan/atau diperbaharui sesuai kebutuhan. Bank INA menghimbau kepada Anda agar selalu membaca dengan seksama dan memeriksa halaman ini secara berkala untuk mengetahui perubahan atas kebijakan ini.

12. Kebijakan Cookies

Cookies adalah file teks yang ditempatkan pada memori perangkat pengguna. 

a. Bagaimana Bank INA menggunakan Cookies dan Cache Anda

Bank INA dapat menggunakan cookies dan cache untuk mengumpulkan, menyimpan, dan melacak informasi untuk keperluan statistik dalam mengoperasikan website, aplikasi, dan layanan Bank INA, serta mempersonalisasikan pengalaman pengguna. 

b. Bagaimana Cara Bank INA mengontrol Cookies dan Cache Anda

 Anda dapat mengatur browser Anda untuk menolak semua cookies atau untuk menunjukkan kapan mereka dikirim. Sebagian besar browser memiliki fitur bantuan yang akan mengajarkan Anda cara menerima, menonaktifkan, atau memberi tahu Anda saat menerima cookies baru. Bank INA ingin memberi tahu Anda bahwa jika Anda tidak menerima cookies, Anda mungkin tidak dapat menggunakan beberapa fitur layanannya. Oleh karena itu, Bank INA menyarankan Anda untuk mengaktifkan cookies.

13. Persetujuan

Sebagaimana dinyatakan di atas, dengan mendaftarkan diri untuk atau menggunakan layanan di website dan aplikasi Bank INA, pengguna menyatakan:

  • Menyetujui Bank INA dan/atau perusahaan afiliasi Bank INA untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan dan/atau mengolah data pribadi yang disebutkan di atas untuk tujuan seperti yang dijelaskan di atas.
  • Menyetujui terikat pada kebijakan privasi ini ketika mengakses dan menggunakan website dan aplikasi Bank INA.

Data yang dimaksud dalam kebijakan privasi ini akan disimpan sementara di penyimpanan lokal gadget pengguna secara terenkripsi dan akan dikirim ke server secara berkala. Data-data tersebut disimpan secara terenkripsi di server Bank INA yang aman dan tidak dibagikan ke publik.

14. Hubungi Bank INA

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Data Pribadi Anda atau Kebijakan ini, ingin mengajukan keluhan mengenai pengumpulan, pemanfaatan, atau pengelolaan Data Pribadi Anda oleh Bank INA, atau memiliki pertanyaan tentang kepatuhan Bank INA terhadap hukum yang berlaku, Anda dapat mengisi Formulir Permintaan Hak Akses Subjek Data Pribadi atau hubungi:

Call INA: 1500738 atau (021) 30500738

Whatsapp: 0855 1500738

E-email :