Promosi Usaha Gampang dan Gratis Lewat Sosmed
Sekarang orang harus pinter promosiin dagangan ke pelanggan, nih! Apalagi kalau usahanya cukup banyak yang sejenis kayak kedai kopi, rice bowl, reseller, dan usaha lain yang udah kayak Indomaret di tiap tikungan jalan.
Gimana ya, di antara semua usaha yang ada, para pelaku usaha mempromosikan usahanya? Sosmed itu udah kebutuhan wajib ya? Nggak bisa promosi dari tetangga ke tetangga aja?
Jawabannya bisa sih… Tapi kalau mau makin laris manis, kita harus mainkan sosmednya. Udah gitu dengan adanya sosmed, orang yang tinggal disuatu daerah bisa tahu ada yang baru di daerah lain, ya iyalah jadinya dikit-dikit sosmed. Lagian enak juga kalau bisa promosi di sosmed, udah gratis, jangkauannya juga luas. Apalagi abis pandemi gini, orang juga mikir lebih gampang ngecek via sosmed ketimbang cus ke tempatnya, kan? Daripada zonk, mendingan cek review orang dulu!
Nah, karena semua bisa promosi di sosmed, bingung nggak sih harus bikin konten kayak apa?
Berikut beberapa tips buat kalian yang bingung harus ngapain di sosmed:
1. Ikutin tren
Lagi ada challenge? Ikutin juga challengenya barengan karyawan dan pekerja lain biar seru. Sekedar info, tahun 2020an Es Teh Indonesia viral banget loh di TikTok dan Instagram karena bosnya ikutan trend buka lowongan kerja di TikTok!
2. Konten informatif
Misalnya kalian punya OnlineShop jualan baju. Kontennya bisa inspirasi untuk OOTD misalnya cocok-cocokin baju yang kece abis buat ke kantor, nge-mall, nongkrong sama temen, kondangan, ketemu calon mertua, dan lain-lain!
3. Tulis caption
Contohnya kalian ngepost soal usaha pisang goreng yang kalian punya. Fotonya pisang yang baru aja mateng dan lagi dikasih topping. Caption-nya ditulis harga dan isi seporsi berapa, jenis pisang yang dipakai, varian topping-nya apa aja, bisa beli langsung dimana.
4. Giveaway
Kalau kalian mau buat konten giveaway, selain hadiahnya harus menarik, usahain pengumumannya minimal 2 minggu dari hari H pengundian give away supaya yang ikut makin banyak! Buat syarat yang nggak susah tapi tetap narik orang baru supaya ngecekin lagi ada apa sama akun kalian.
Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kalian coba ketika menggarap konten promosi di medsos. Catatannya harus konsisten terus, jangan kendor! Kalau seminggu kalian buat 3-4 konten, usahakan di minggu depan juga buat konten dengan jumlah yang sama.
Selamat menjalankan usaha masing-masing!